15 Agustus 2008

SMP Kartika Terapkan CTL

KEGIATAN dunia pendidikan yang berkembang pesat diikuti oleh SMP Kartika II-2 Bandar Lampung. Kini sekolah tersebut menerapkan proses pembelajaran dan pengajaran kontekstual alias Contextual Teaching and Learning atau CTL. Drs Mudjijana, kepala SMP Kartika II/2 Bandar Lampung, menjelaskan, CTL adalah suatu pendekatan pembelajaran dan pengajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. “Pola ini juga mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai individu, anggota keluarga masyarakat, dan bangsa,” imbuh Mudjijana. Ia menambahkan, dengan pendekatan CTL, proses belajar mengajar akan lebih konkret, lebih relistis, lebih aktual, lebih nyata, lebih menyenangkan, dan lebih bermakna. “Proses belajar mengajar dengan berpendekatan CTL ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar yang berkualitas, kreativitas, produktifitas, efisiensi, dan efektifitas,” tutur dia. Mudjijana menegaskan, dengan pola CTL hasil belajar siswa akan meningkat, karena dalam sistem ini semua panca indera siswa diaktifkan dan dimanfaatkan secara serentak dalam proses belajar mengajar melalui kegiatan-kegiatan belajar yang lebih actual. Menurut dia, CTL lebih menekankan pada pemberdayaan siswa sehingga hasil belajar bukan sebatas pengenalan nilai, akan tetapi penghayatan dan bahkan sampai pada penerapan nilai-nilai dalam kehidupan nyata. Pemberdayaan siswa juga dapat dilihat sejauhmana CTL dapat menimbulkan daya kreasi, daya nalar, rasa keingintahuan dan eksperimentasi untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan. Tujuan dan hasil yang diharapkan dari CTL, menurut Mudjijana, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui peningkatan pemahaman makna materi pelajaran yang dipelajarinya degan mengaitkan yang dipelajari dengan kontek kehidupan mereka sehari-hari. hp

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda