08 September 2008

395 Warga Lunasi ONH

Daftar Tunggu Di Lamtim 400 Orang UNTUK musim haji 2008 ini, Kabupaten Lampung Timur dipastikan akan mengirim 395 calon jemaah haji (CJH), sementara 12 lainnya sampai akhir masa pelunasan ongkos naik haji (ONH) belum melakukannya. Lima lainnya telah mengajukan surat penundaan pemberangkatan. Mereka yang telah melunasi ONH, kata Kakandepag Lamtim, Hi Seraden Nihan, akan mengikuti bimbingan manasik haji pada 7 Oktober mendatang.
Hal itu dikatakan Seraden Nihan yang didampingi salah seorang staf di Seksi Haji, Ahmad Tsauban, usai menggelar rapat dengan seluruh kepala KUA se-Kabupaten Lamtim guna membahas jadwal rencana pelaksanaan manasik haji, beberapa waktu lalu. Menurutnya, pada tahun 2008 ini Kabupaten Lamtim mendapat kuota sebanyak 407 CJH, sampai akhir pekan kemarin masih ada 12 orang yang belum melunasi ONH. Lima diantaranya telah mengajukan surat penundaan pemberangkatan.
Kenapa? Seraden Nihan menjelaskan, alasan pengajuan surat penundaan pemberangkatan haji itu, diantaranya disebabkan karena meninggal dunia, seperti CJH yang berasal dari Kecamatan Sukadana, satu orang. Demikian juga pasangan suami istri dari Kecamatan Braja Selebah yang mengundurkan keberangkatan karena suaminya meninggal, dimana istrinya minta agar dimasukkan dalam kuota tahun 2009 karena akan berangkat dengan anaknya.
Sementara satu orang dari kecamatan Metro Kibang mengundurkan keberangkatannya ke Tanah Suci karena tengah melaksanakan tugas belajar, dan yang dari Kecamatan Way Jepara dengan alasan sakit.
“Untuk mengganti lima calon jemaah haji yang menyampaikan surat pengunduran diri itu, sesuai dengan sistem siskohat, nomor urut dibawahnya yang akan menggantikan. Dengan catatan harus melunasi pembayaran sampai batas waktu penutupan mendatang,” ujar Seraden Nihan seraya mengatakan jumlah CJH yang masuk daftar tunggu untuk tahun 2009 mencapai 400 orang.
Ia menambahkan, bahkan yang telah mendaftar melalui sejumlah yayasan haji yang akan diberangkatkan pada tahun 2010 mendatang, saat ini telah mencapai ratusan orang. hm

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda