08 September 2008

Mance Tebar Obsesi Bergengsi

Hibahkan Tanah Pribadi 32 Hektare BUPATI Tulang Bawang, DR Hi Abdurachman Sarbini, SH, MM, MH benar-benar sosok pejabat bergengsi. Betapa tidak. Sejak memimpin kabupaten itu banyak terobosan yang dilakukannya. Kini ada dua obsesi prestisius yang ditebarnya, yaitu memindahkan kantor Pemkab Tuba dan membangun kebun binatang. Bakal dipindahkannya kantor sekretariat pemerintah kabupaten dari lokasi di Jl Cemara Menggala ke Jalan Lintas Timur, menurut Mance –panggilan akrab Bupati Abdurachman Sarbini- sesuai dengan kebutuhan, dimana bangunan yang ada saat ini sudah tidak layak lagi.
“Jika dulu baru dibangun, PNS-nya baru 150 orang, sekarang sudah 600 orang bahkan akan bertambah 400-an orang lagi. Dan ketika saya melakukan inspeksi mendadak, memang sudah banyak ruangan yang tidak memungkinkan lagi untuk dipertahankan karena tidak sesuai dengan kapasitas pegawai,” beber Mance.
Ia mengaku dalam waktu dekat konsultan dari Bandung akan datang ke Tuba, bahkan cetak biru rancangan bangunan secketariat pemerintah kabupaten telah selesai. “Kita akan mulai bangun tahun 2008 ini juga,” lanjutnya.
Tak hanya itu obsesi Mance yang baru aktif kembali setelah sempat menjalani perawatan beberapa lama karena terserang sakit jantung. Ia juga akan membangun kebun binatang di daerah tersebut.
Diprogramkannya pembangunan kebun binatang itu, menurut dia, selain untuk melestarikan suaka alam dan marga satwa yang ada di Tuba, juga menyediakan sarana wisata murah bagi masyarakat setempat.
Obsesi ini diyakininya memiliki daya dukung yang potensial, di mana potensi fauna yang ada di kabupaten tersebut cukup variatif, selain itu Tuba memiliki sungai terluas di Lampung yang banyak menyimpan biota untuk dilestarikan.
“Banyaknya burung yang bermigrasi dari benua lain di sekitar Rawa Pacing serta sejumlah hewan lainnya yang tidak hanya berasal dari Tuba bisa dikembangkan dan dilestarikan di kebun binatang yang kelak akan kita bangun,” bebernya dengan antusias.
Dan terkait dengan obsesinya itu, Mance juga memimpikan ke depannya di Tuba ada taman hiburan rakyat (THR). Seriuskah ia dengan obsesi bergengsinya itu? Tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, sebagai wujud kesungguhannya tersebut Mance menyatakan kesediaannya untuk menghibahkan tanah pribadinya seluas 32 hektare yang ada di Kampung Tua, Menggala. ek

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda